Selasa, 08 Februari 2011

Makna Teologis Kerna Kegeluhen Kepate (Solidaritas) - Matius 25:31-46.

BAHAN PJJ GBKP

Matius 25:31-46.

Tema : Makna Teologis Kerna Kegeluhen Kepate (Solidaritas)

LATAR BELAKANG
1. Ibas kerehen Yesus Kristus peduakaliken ku doni enda radu ras penghakiman alu universal. La lit sitading ibas penghukumen e. Ibas penghakiman e, Yesus Kristus mpeserap kalak si setia ras kalak si la setia man Yesus, bagi sekalak permakan sinerapken biri-biri ras kambing ope denga bengket kubas karang. Biri-biri merupaken lambang nandangi kalak sitek man Yesus Kristus, sebab biri-biri e biakna patuh man tuanna, janah biakna melemuk. Sedangken kambing merupaken lambang nandangi kalak si la tek man Yesus Kristus. Sebab kambing e mekeng (keras kepala), janah mesera man aturken, la nggit patuh man tuanna.
2. Sijadi oratenta merupaken klimaks ibas pengajaren Yesus man ajar-ajarNa, janah penekanenna eme sedekah Yesus lanai ras ajar-ajar ibas doni enda maka ajar-ajar harus ndalanken perbahanen simehuli singena ate Dibata, sebab enda mpereh pasu-pasu Tuhan man bana. Tanggungjawab pelayanen ibas doni enda, khususna kerna keleng ate harus idalanken ajar-ajar.
3. Yesus nuriken man ajar-ajarNa kerna siterjadi ibas wari pendungi, eme Ia sendiri sireh guna mengadili doni enda (manusia). Janah perbahanen simehuli mpereh keselamaten. Perbahanen simehuli e erkiteken buah ibas kinitekenna nari, labo erkiteken keterpaksaan. Sijadi perhatin eme kalak marginal (yang dipinggirken, sirusur la iperdiateken kalak). Isi simperdiateken kalak sibage, eme mere man simelihe, mereken ingan kesilang man kalak pertandang, mere uis man si la ruis,nandangi kalak sakit iadep-adep bagepe man kalak siipenjara, idahi. Enda merupaken perbahanen-perbahanen nandangi Yesus Kristus. Tapi sebalikna kalak sila ngelakoken sibage e me si la setia man Tuhan.
4. Yesus menggambarkan, situhuna ibas kalak simenderita ije Ia hadir. Ntah pe Yesus nggeluh ersada ras kalak si nggeluh ibas perbeben ras kiniseran. Emaka perbahanen simehuli la banci pekulah-kulah, ntah pe ngenen status sosial, tapi harus ngenen perbahanen e tempa-tempa ngelai Yesus.
5. Pemisahan biri-biri ku kemuhen, ngataken maka kalak si benar i lebe-lebe Yesus iperkenanken Yesus guna bengket kubas kinirajaan Surga, tapi kalak si lapatuh ras la ndalanken perbahanen simehuli erpalasken keleng ate ibas Kristus nari, iambengken ku bas ingan penghukumen sila erkeri-kerin (kambing).

THEOLOGIA NASKAH
- Yesus Kristus reh peduakaliken ibas kemuliaanNa ku dobni enda, janah radu ras sie Ia mengadili manusia secara universal.
- Perbahanen simehuli nandangi kalak simemerluken penampat ras perhatinta eme perbahanen simehuli, emaka nggeluh ibas Kinirajaan Surga.
- Perbahanen si lamehuli silangena ate Tuhan, iambengken kubas penghukumen sikekal.

APLIKASI
Nina ibu Theresa ku idah lit ayo Yesus ibas kalak musil, melihe, tertindas (kalak si imarginalkan), erkiteken sie me ibu Theresia nggit ngelai ku kalak si imarginalkan kalak paksa sie, janah enda merupakan sada bentuk kepate (solidaritas) siicidahken ibu Theresa. Bagepe enda situhuna pendilo Tuhan nadangi ibu Theresa.
Perlu siteh kegeluhenta ibas doni enda la banci nggeluh sisada, sebab kita itempatken Tuhan radu ras kalak sideban. Alu bage kita isuruh guna nggeluh ersada. Janah ibas kegeluhen ersada, status sosial si lit bas kita la banci jadi benteng guna berinteraksi ras kalak sideban. Alu kata si deban kita harus mperdiateken kegeluhen sada ras sideban. Secara teologis, kita enda sada keluarga, emaka ikatan kekelengen harus nggeluh ije. Janah tentuna ibas kegeluhen sosial erbage-bage perbeben ras kiniseran sibanci ijumpai ije, bagepe banci saja sada paksa kita ikenai perbeben ras kiniseran. Ibas undang-undang kekristenan tentuna simegegeh harus nampati si kurang megegeh. Masalahna genduari, uga gelah simegegeh banci nampati si kurang megegeh. Enda banci terdalanken adi lit sada penggejapen i tengah-tengah kegeluhen sosial, sebab ibas sada perasaan e, terdorong man banta guna nampati senina turangta. Ibas pihak sideban e bentukna perintah. Tuhan singataken/merentah gelah simegegh nampati si kurang megegeh. Contoh, isuruh Tuhan gelah bangsa Israel harus nampati man anak melumang, diberu balu-balu ras kalak pertandang, janah adi rani harus itadingken man kalak musil, la banci kerina juma e i perani. Bagepe ibas padan simbaru khusus sijadi oratenta, ngataken harus solider man kalak simembutuhken penampat. Jadi solider bentukna aktif.
Kita banci ncidahken sikap solider (perasaan yang bersatu dengan orang) nandangi kalak sideban adi kita meteh maka kita ras kalak sideban eme radu ras tinepa Dibata, ras guna nggeluh sikeleng-kelengen. Kita la ngasup ncidahken soliderta nandangi kalak sideban adi spiritualitasta la nggeluh. Perlu siteh ibas kita ncidahken soliderta nandangi kalak sideban enda harus murni, la banci mengharapken balas, sebab sipatna tulus, janah tujunna gelah kalak sideban banci nggejapken kerna keleng ate Tuhan, ras ipujina Tuhan.

Pdt. Steven Kumenit, STh.,M.Min.

ALlah Menolong Manusia Dalam Mengalahkan Kuasa Iblis (Markus 1:9-13)

BAHAN KHOTBAH GBKP

Introitus : Mazmur 99:9
Pembacaan I : Mazmur 99:1-9
Pembacaan II : Markus 1: 9-15.
Tema : Allah Menolong Manusia Dalam Mengalakan Kuasa Iblis.

LATAR BELAKANG
1. Injil Markus adalah Injil tertua dari injil sinoptis (Matius, Markus dan Lukas) bahkan Yohanes, dan Matius dan lukas sering menjadikan Markus sebagai refrensinya. Walaupun nanti dalam kitab-kitab Injil sinoptis ada kekhasan-kekhasan, ataupun ada tema-tema sentral yang diangkat dari masing-masing injil sinoptis ini. Dan kalau dilihat, khusus Injil Markus, salah satu tujuannya adalah menginformasikan tentang Yesus. Oleh sebab itu pertanyaannya siapakah Yesus orang Naseret itu, dan jawabannya adalah Yesus adalah Putra Allah dan Mesias. Oleh sebab itu, dalam pasalal 1:1 makus menulis inilah Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.
2. Dalam Markus 1:9-15, di situ diinfomasikan, Yesus datang dari Nasaret dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes Pembaptis. Dan untuk memahami ini, kita harus terlebih dahulu mengetahui tentang Yohanes dan baptisannya. Pertama : Yohanes adalah seorang yang mendahului Yesus untuk melampangkan jalan bagi Yesus. Oleh sebab itu khotbah Yohanes adalah pertobatan dan tanda orang yang telah bertobat adalah di baptis, dan Yohanes mengambil tempat di sungai Yordan untuk baptisan. Kedua: Baptisan yang dilakukan oleh Yohanes, bukan muncul pada waktu itu, tetapi baptisan merupakan satu tradisi dari agama Yahudi. Baptisan yang dilakukan dalam agama Yahudi adalah sebelum melakukan ritual agama. Para imam harus menyucikan dirinya, Begitu juga dalam rangka menjaga pentahiran (2 Raja-raja 5:14, dll). Hanya saja Baptisan dalam bahasa Ibrani adalah Tavilah. Jadi untuk, orang Israel baptisan tidak asing bagi mereka. Ketiga : Baptisan yang dilakukan oleh Yohanes adalah “pendalaman” dari tradisi agama Yahudi, yaitu pertobatan. Ini dimaksud agar bangsa Israel tetap hidup selaku anak Allah, sebagai bangsa pilihan Tuhan, yang harus tetap hidup kudus. Satu pertanyaan, apakah Yesus di baptis oleh Yohanes di sungai Yordan mengatakan bahwa Yesus adalah orang berdosa sehingga dia harus disucikan dari dosa ? tidak. Ada beberapa makna dalam baptisan tersebut. Pertama : Yesus menyamakan dirinya dengan kita (manusia). Sebenarnya Yesus tidak berdosa, namun Dia minta untuk dibaptis karena dalam segala hal Yesus hendak “menyamakan” diriNya dengan kita (manusia). Kedua : Baptisan yang diterima oleh Yesus adalah simbol akan kematian dan kebangkitannya. Jadi sebenarnya baptisanNya adalah pemberitaan yang akan datang dalam diri Yesus Kristus. Ketiga : Simbol akan keselamatan manusia, sebab baptisan adalah penyatuan akan kematian dan kebangkitan Yesus, dan inilah yang di terima oleh manusia (kita).
3. Makna yang lain dari Baptisan Yesus adalah suatu tanda, dimana Yesus telah cukup umurnya untuk boleh berkarya selaku guru untuk mengajarkan tentang keselamatan, sebab dalam tradisi orang Yahudi, mereka yang bisa mengajar (melayani) adalah mereka yang umurnya minimal 30 tahun. Dan orang yang akan melakukan tugas apakah sebagai raja, imam atau pun nabi, harus diurapi. Pengurapan itu berarti Roh Allah berdiam dalam diri mereka. Yesus sesudah Dia dibaptis maka terbukalah langit dan datanglah Roh yang menyerupai seekor burung merpati turun ke atasNya, dan terdengarlah suara Engkaulah AnakKu yang Ku kasihi, kepadaMulah Aku berkenan. Ini merupakan suatu urapan yang dilakukan oleh Allah kepada Yesus untuk melakukan pekerjaan keselamatan di dunia ini. Jadi pertanyaan kenapa bukan minyak. Yesus tidak perlu tanda ataupun simbol sebab Dia diurapi oleh Roh Allah, sehingga itulah yang memberi kekuatan pada Yesus dalam segalah hal, dan memimpinNya dalam tugas Yesus.
4. Sesudah Yesus dibaptis Roh memimpin Yesus ke padang gurun, dan dipadang gurun Yesus di cobai iblis, tapi Yesus jadi pemenang. Kuasa Iblis tidak sanggup mengalahkanNya. Kalau dalam cerita manusia pertama, Adam dan Hawa sanggup dikalahkan Iblis (Kej.3:1-7), tapi dalam pencobaan setan /iblis pada Yesus, terlihat Yesus tidak sanggup dikalahkan iblis. Dalam makna yang lain, Roh Allah sengaja membawa Yesus ke padang gurun, sebab di padang gurun (tempat yang sunyi) merupakan tempat tinggal setan/iblis, dan simbol kutukan sebab tidak berpenghuni, begitu juga tempat tinggal binatang-binatang liar, sehingga agak serem/manakutkan, dan manusia tidak sanggup hidup lama di situ. Jadi sengaja agar Yesus di coba, dan menunjukkan bahwa dalam cobaan apapun Yesus tidak akan kalah, sebab Roh Tuhan bersama-sama dengan Yesus.
5. Setelah semuanya selesai, yakni baptisan dan pencobaan, maka Markus menceritakan pelayanan Yesus di mulai dari Galilea, sesudah Yohanes ditangkap, dan inti pengajaran Yesus adalah Kerajaan Allah sudah dekat, oleh sebab itu bertobatlah.

APLIKASI
Satu pertanyaan untuk kita, apakah kita sanggup mengalahkan kuasa iblis ? Karena disadari bahwa kuasa iblis telah berakar dalam dunia ini. Hampir di semua sendi-sendi kehidupan kita, iblis hadir di situ. Bahkan di gereja iblis berupaya hadir di dalamnya. Pengalaman iman mengatakan bahwa, kita tidak pernah sanggup mengalahkan kuasa iblis, sebab iblis lebih kuat dari kita, iblis lebih pinter dari kita. Bukti yang ada, banyak dari kita yang jatuh ke dalam dosa.
Karena kita tidak mampu mengalahkan kuasa iblis, dan kalau kita ingin mengalahkan kuasa iblis tersebut, maka tidak ada jalan lain selain kita meminta pertolongan dari Tuhan Yesus. Yesus Kristus mempunyai kuasa dan sanggup mengalahkan kuasa iblis. Bahkan iblis saja gemetaran pada Tuhan (Yakobus 2:19), apalagi berhadapan langsung dengan Yesus, pasti iblis kalah. Kuasa iblis yang sanggup mengalahkan manusia telah diketahui oleh Yesus Kristus, oleh sebab itu dalam doaNya pada BapaNya di Surga, Yesus meminta agar Allah menemani orang percaya selama orang percaya hidup di tengah-tengah dunia ini, agar terhindar dari tipu muslihat iblis (Yohanes 17:15).
Pertolongan Tuhan dalam kehidupan kita sangat nyata. Dalam sejarah keselamatan Tuhan, Tuhan tidak pernah membiarkan kita hidup dalam keberdosaan ataupun dalam cobaan dan masalah terlebih dalam penderitaan. Dalam setiap waktu Allah senantiasa menolong kita. Yang jadi persoalan adalah bagaimana kita mampu untuk datang dan meminta pertolongan kepada Tuhan. Orang yang tidak mampu mengenal Tuhan Yesus dan kuasaNya pasti tidak akan datang kepada Yesus untuk meminta pertolonganNya, tapi orang yang mengeal Yesus dengan baik, pasti akan datang dan meminta pertolongan pada Yesus. Perlu diketahui kuasa Yesus melebihi kuasa-kuasa yang ada di dunia ini. Untuk itulah marilah kita sebagai anak-anakNya datang menyembah dan meninggikan namaNya. Menyembah saja kita pada Yesus Kristus sebab pada Yesus diberikan kuasa untuk memimpin di bumi dan Surga (Matius 28:18). Janagn kita menyembah pada allah lain, sebab allah-allah lain tidak punya kuasa menyelamatkan kita.
Amin.

Pdt. Steven Kumenit, STh.,M.Min.

Senin, 07 Februari 2011

Dibata Nampati Manusia Ibas Ngalaken Kuasa Iblis (Markus 1:9-13)

BAHAN KHOTBAH GBKP
TANGGAL 13 FEBRUARI 2011

Introitus : Mazmur 99:9
Pembacaan I : Mazmur 99:1-9
Pembacaan II : Markus 1: 9-15.
Tema : Allah Menolong Manusia Dalam Mengalakan Kuasa Iblis.

LATAR BELAKANG
1. Injil Markus adalah Injil tertua dari injil sinoptis (Matius, Markus dan Lukas) bahkan Yohanes, dan Matius dan lukas sering menjadikan Markus sebagai refrensinya. Walaupun nanti dalam kitab-kitab Injil sinoptis ada kekhasan-kekhasan, ataupun ada tema-tema sentral yang diangkat dari masing-masing injil sinoptis ini. Dan kalau dilihat, khusus Injil Markus, salah satu tujuannya adalah menginformasikan tentang Yesus. Oleh sebab itu pertanyaannya siapakah Yesus orang Naseret itu, dan jawabannya adalah Yesus adalah Putra Allah dan Mesias. Oleh sebab itu, dalam pasalal 1:1 makus menulis inilah Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.
2. Dalam Markus 1:9-15, di situ diinfomasikan, Yesus datang dari Nasaret dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes Pembaptis. Dan untuk memahami ini, kita harus terlebih dahulu mengetahui tentang Yohanes dan baptisannya. Pertama : Yohanes adalah seorang yang mendahului Yesus untuk melampangkan jalan bagi Yesus. Oleh sebab itu khotbah Yohanes adalah pertobatan dan tanda orang yang telah bertobat adalah di baptis, dan Yohanes mengambil tempat di sungai Yordan untuk baptisan. Kedua: Baptisan yang dilakukan oleh Yohanes, bukan muncul pada waktu itu, tetapi baptisan merupakan satu tradisi dari agama Yahudi. Baptisan yang dilakukan dalam agama Yahudi adalah sebelum melakukan ritual agama. Para imam harus menyucikan dirinya, Begitu juga dalam rangka menjaga pentahiran (2 Raja-raja 5:14, dll). Hanya saja Baptisan dalam bahasa Ibrani adalah Tavilah. Jadi untuk, orang Israel baptisan tidak asing bagi mereka. Ketiga : Baptisan yang dilakukan oleh Yohanes adalah “pendalaman” dari tradisi agama Yahudi, yaitu pertobatan. Ini dimaksud agar bangsa Israel tetap hidup selaku anak Allah, sebagai bangsa pilihan Tuhan, yang harus tetap hidup kudus. Satu pertanyaan, apakah Yesus di baptis oleh Yohanes di sungai Yordan mengatakan bahwa Yesus adalah orang berdosa sehingga dia harus disucikan dari dosa ? tidak. Ada beberapa makna dalam baptisan tersebut. Pertama : Yesus menyamakan dirinya dengan kita (manusia). Sebenarnya Yesus tidak berdosa, namun Dia minta untuk dibaptis karena dalam segala hal Yesus hendak “menyamakan” diriNya dengan kita (manusia). Kedua : Baptisan yang diterima oleh Yesus adalah simbol akan kematian dan kebangkitannya. Jadi sebenarnya baptisanNya adalah pemberitaan yang akan datang dalam diri Yesus Kristus. Ketiga : Simbol akan keselamatan manusia, sebab baptisan adalah penyatuan akan kematian dan kebangkitan Yesus, dan inilah yang di terima oleh manusia (kita).
3. Makna yang lain dari Baptisan Yesus adalah suatu tanda, dimana Yesus telah cukup umurnya untuk boleh berkarya selaku guru untuk mengajarkan tentang keselamatan, sebab dalam tradisi orang Yahudi, mereka yang bisa mengajar (melayani) adalah mereka yang umurnya minimal 30 tahun. Dan orang yang akan melakukan tugas apakah sebagai raja, imam atau pun nabi, harus diurapi. Pengurapan itu berarti Roh Allah berdiam dalam diri mereka. Yesus sesudah Dia dibaptis maka terbukalah langit dan datanglah Roh yang menyerupai seekor burung merpati turun ke atasNya, dan terdengarlah suara Engkaulah AnakKu yang Ku kasihi, kepadaMulah Aku berkenan. Ini merupakan suatu urapan yang dilakukan oleh Allah kepada Yesus untuk melakukan pekerjaan keselamatan di dunia ini. Jadi pertanyaan kenapa bukan minyak. Yesus tidak perlu tanda ataupun simbol sebab Dia diurapi oleh Roh Allah, sehingga itulah yang memberi kekuatan pada Yesus dalam segalah hal, dan memimpinNya dalam tugas Yesus.
4. Sesudah Yesus dibaptis Roh memimpin Yesus ke padang gurun, dan dipadang gurun Yesus di cobai iblis, tapi Yesus jadi pemenang. Kuasa Iblis tidak sanggup mengalahkanNya. Kalau dalam cerita manusia pertama, Adam dan Hawa sanggup dikalahkan Iblis (Kej.3:1-7), tapi dalam pencobaan setan /iblis pada Yesus, terlihat Yesus tidak sanggup dikalahkan iblis. Dalam makna yang lain, Roh Allah sengaja membawa Yesus ke padang gurun, sebab di padang gurun (tempat yang sunyi) merupakan tempat tinggal setan/iblis, dan simbol kutukan sebab tidak berpenghuni, begitu juga tempat tinggal binatang-binatang liar, sehingga agak serem/manakutkan, dan manusia tidak sanggup hidup lama di situ. Jadi sengaja agar Yesus di coba, dan menunjukkan bahwa dalam cobaan apapun Yesus tidak akan kalah, sebab Roh Tuhan bersama-sama dengan Yesus.
5. Setelah semuanya selesai, yakni baptisan dan pencobaan, maka Markus menceritakan pelayanan Yesus di mulai dari Galilea, sesudah Yohanes ditangkap, dan inti pengajaran Yesus adalah Kerajaan Allah sudah dekat, oleh sebab itu bertobatlah.

APLIKASI
Satu pertanyaan untuk kita, apakah kita sanggup mengalahkan kuasa iblis ? Karena disadari bahwa kuasa iblis telah berakar dalam dunia ini. Hampir di semua sendi-sendi kehidupan kita, iblis hadir di situ. Bahkan di gereja iblis berupaya hadir di dalamnya. Pengalaman iman mengatakan bahwa, kita tidak pernah sanggup mengalahkan kuasa iblis, sebab iblis lebih kuat dari kita, iblis lebih pinter dari kita. Bukti yang ada, banyak dari kita yang jatuh ke dalam dosa.
Karena kita tidak mampu mengalahkan kuasa iblis, dan kalau kita ingin mengalahkan kuasa iblis tersebut, maka tidak ada jalan lain selain kita meminta pertolongan dari Tuhan Yesus. Yesus Kristus mempunyai kuasa dan sanggup mengalahkan kuasa iblis. Bahkan iblis saja gemetaran pada Tuhan (Yakobus 2:19), apalagi berhadapan langsung dengan Yesus, pasti iblis kalah. Kuasa iblis yang sanggup mengalahkan manusia telah diketahui oleh Yesus Kristus, oleh sebab itu dalam doaNya pada BapaNya di Surga, Yesus meminta agar Allah menemani orang percaya selama orang percaya hidup di tengah-tengah dunia ini, agar terhindar dari tipu muslihat iblis (Yohanes 17:15).
Pertolongan Tuhan dalam kehidupan kita sangat nyata. Dalam sejarah keselamatan Tuhan, Tuhan tidak pernah membiarkan kita hidup dalam keberdosaan ataupun dalam cobaan dan masalah terlebih dalam penderitaan. Dalam setiap waktu Allah senantiasa menolong kita. Yang jadi persoalan adalah bagaimana kita mampu untuk datang dan meminta pertolongan kepada Tuhan. Orang yang tidak mampu mengenal Tuhan Yesus dan kuasaNya pasti tidak akan datang kepada Yesus untuk meminta pertolonganNya, tapi orang yang mengeal Yesus dengan baik, pasti akan datang dan meminta pertolongan pada Yesus. Perlu diketahui kuasa Yesus melebihi kuasa-kuasa yang ada di dunia ini. Untuk itulah marilah kita sebagai anak-anakNya datang menyembah dan meninggikan namaNya. Menyembah saja kita pada Yesus Kristus sebab pada Yesus diberikan kuasa untuk memimpin di bumi dan Surga (Matius 28:18). Janagn kita menyembah pada allah lain, sebab allah-allah lain tidak punya kuasa menyelamatkan kita.
Amin.

Pdt. Steven Kumenit, STh.,M.Min.

ALlah Menolong Manusia Dalam Mengalahkan Kuasa Iblis (Markus 1:9-13)

BAHAN KHOTBAH GBKP
TANGGAL 13 FEBRUARI 2011

Introitus : Mazmur 99:9
Pembacaan I : Mazmur 99:1-9
Pembacaan II : Markus 1: 9-15.
Tema : Allah Menolong Manusia Dalam Mengalakan Kuasa Iblis.

LATAR BELAKANG
1. Injil Markus adalah Injil tertua dari injil sinoptis (Matius, Markus dan Lukas) bahkan Yohanes, dan Matius dan lukas sering menjadikan Markus sebagai refrensinya. Walaupun nanti dalam kitab-kitab Injil sinoptis ada kekhasan-kekhasan, ataupun ada tema-tema sentral yang diangkat dari masing-masing injil sinoptis ini. Dan kalau dilihat, khusus Injil Markus, salah satu tujuannya adalah menginformasikan tentang Yesus. Oleh sebab itu pertanyaannya siapakah Yesus orang Naseret itu, dan jawabannya adalah Yesus adalah Putra Allah dan Mesias. Oleh sebab itu, dalam pasalal 1:1 makus menulis inilah Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.
2. Dalam Markus 1:9-15, di situ diinfomasikan, Yesus datang dari Nasaret dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes Pembaptis. Dan untuk memahami ini, kita harus terlebih dahulu mengetahui tentang Yohanes dan baptisannya. Pertama : Yohanes adalah seorang yang mendahului Yesus untuk melampangkan jalan bagi Yesus. Oleh sebab itu khotbah Yohanes adalah pertobatan dan tanda orang yang telah bertobat adalah di baptis, dan Yohanes mengambil tempat di sungai Yordan untuk baptisan. Kedua: Baptisan yang dilakukan oleh Yohanes, bukan muncul pada waktu itu, tetapi baptisan merupakan satu tradisi dari agama Yahudi. Baptisan yang dilakukan dalam agama Yahudi adalah sebelum melakukan ritual agama. Para imam harus menyucikan dirinya, Begitu juga dalam rangka menjaga pentahiran (2 Raja-raja 5:14, dll). Hanya saja Baptisan dalam bahasa Ibrani adalah Tavilah. Jadi untuk, orang Israel baptisan tidak asing bagi mereka. Ketiga : Baptisan yang dilakukan oleh Yohanes adalah “pendalaman” dari tradisi agama Yahudi, yaitu pertobatan. Ini dimaksud agar bangsa Israel tetap hidup selaku anak Allah, sebagai bangsa pilihan Tuhan, yang harus tetap hidup kudus. Satu pertanyaan, apakah Yesus di baptis oleh Yohanes di sungai Yordan mengatakan bahwa Yesus adalah orang berdosa sehingga dia harus disucikan dari dosa ? tidak. Ada beberapa makna dalam baptisan tersebut. Pertama : Yesus menyamakan dirinya dengan kita (manusia). Sebenarnya Yesus tidak berdosa, namun Dia minta untuk dibaptis karena dalam segala hal Yesus hendak “menyamakan” diriNya dengan kita (manusia). Kedua : Baptisan yang diterima oleh Yesus adalah simbol akan kematian dan kebangkitannya. Jadi sebenarnya baptisanNya adalah pemberitaan yang akan datang dalam diri Yesus Kristus. Ketiga : Simbol akan keselamatan manusia, sebab baptisan adalah penyatuan akan kematian dan kebangkitan Yesus, dan inilah yang di terima oleh manusia (kita).
3. Makna yang lain dari Baptisan Yesus adalah suatu tanda, dimana Yesus telah cukup umurnya untuk boleh berkarya selaku guru untuk mengajarkan tentang keselamatan, sebab dalam tradisi orang Yahudi, mereka yang bisa mengajar (melayani) adalah mereka yang umurnya minimal 30 tahun. Dan orang yang akan melakukan tugas apakah sebagai raja, imam atau pun nabi, harus diurapi. Pengurapan itu berarti Roh Allah berdiam dalam diri mereka. Yesus sesudah Dia dibaptis maka terbukalah langit dan datanglah Roh yang menyerupai seekor burung merpati turun ke atasNya, dan terdengarlah suara Engkaulah AnakKu yang Ku kasihi, kepadaMulah Aku berkenan. Ini merupakan suatu urapan yang dilakukan oleh Allah kepada Yesus untuk melakukan pekerjaan keselamatan di dunia ini. Jadi pertanyaan kenapa bukan minyak. Yesus tidak perlu tanda ataupun simbol sebab Dia diurapi oleh Roh Allah, sehingga itulah yang memberi kekuatan pada Yesus dalam segalah hal, dan memimpinNya dalam tugas Yesus.
4. Sesudah Yesus dibaptis Roh memimpin Yesus ke padang gurun, dan dipadang gurun Yesus di cobai iblis, tapi Yesus jadi pemenang. Kuasa Iblis tidak sanggup mengalahkanNya. Kalau dalam cerita manusia pertama, Adam dan Hawa sanggup dikalahkan Iblis (Kej.3:1-7), tapi dalam pencobaan setan /iblis pada Yesus, terlihat Yesus tidak sanggup dikalahkan iblis. Dalam makna yang lain, Roh Allah sengaja membawa Yesus ke padang gurun, sebab di padang gurun (tempat yang sunyi) merupakan tempat tinggal setan/iblis, dan simbol kutukan sebab tidak berpenghuni, begitu juga tempat tinggal binatang-binatang liar, sehingga agak serem/manakutkan, dan manusia tidak sanggup hidup lama di situ. Jadi sengaja agar Yesus di coba, dan menunjukkan bahwa dalam cobaan apapun Yesus tidak akan kalah, sebab Roh Tuhan bersama-sama dengan Yesus.
5. Setelah semuanya selesai, yakni baptisan dan pencobaan, maka Markus menceritakan pelayanan Yesus di mulai dari Galilea, sesudah Yohanes ditangkap, dan inti pengajaran Yesus adalah Kerajaan Allah sudah dekat, oleh sebab itu bertobatlah.

APLIKASI
Satu pertanyaan untuk kita, apakah kita sanggup mengalahkan kuasa iblis ? Karena disadari bahwa kuasa iblis telah berakar dalam dunia ini. Hampir di semua sendi-sendi kehidupan kita, iblis hadir di situ. Bahkan di gereja iblis berupaya hadir di dalamnya. Pengalaman iman mengatakan bahwa, kita tidak pernah sanggup mengalahkan kuasa iblis, sebab iblis lebih kuat dari kita, iblis lebih pinter dari kita. Bukti yang ada, banyak dari kita yang jatuh ke dalam dosa.
Karena kita tidak mampu mengalahkan kuasa iblis, dan kalau kita ingin mengalahkan kuasa iblis tersebut, maka tidak ada jalan lain selain kita meminta pertolongan dari Tuhan Yesus. Yesus Kristus mempunyai kuasa dan sanggup mengalahkan kuasa iblis. Bahkan iblis saja gemetaran pada Tuhan (Yakobus 2:19), apalagi berhadapan langsung dengan Yesus, pasti iblis kalah. Kuasa iblis yang sanggup mengalahkan manusia telah diketahui oleh Yesus Kristus, oleh sebab itu dalam doaNya pada BapaNya di Surga, Yesus meminta agar Allah menemani orang percaya selama orang percaya hidup di tengah-tengah dunia ini, agar terhindar dari tipu muslihat iblis (Yohanes 17:15).
Pertolongan Tuhan dalam kehidupan kita sangat nyata. Dalam sejarah keselamatan Tuhan, Tuhan tidak pernah membiarkan kita hidup dalam keberdosaan ataupun dalam cobaan dan masalah terlebih dalam penderitaan. Dalam setiap waktu Allah senantiasa menolong kita. Yang jadi persoalan adalah bagaimana kita mampu untuk datang dan meminta pertolongan kepada Tuhan. Orang yang tidak mampu mengenal Tuhan Yesus dan kuasaNya pasti tidak akan datang kepada Yesus untuk meminta pertolonganNya, tapi orang yang mengeal Yesus dengan baik, pasti akan datang dan meminta pertolongan pada Yesus. Perlu diketahui kuasa Yesus melebihi kuasa-kuasa yang ada di dunia ini. Untuk itulah marilah kita sebagai anak-anakNya datang menyembah dan meninggikan namaNya. Menyembah saja kita pada Yesus Kristus sebab pada Yesus diberikan kuasa untuk memimpin di bumi dan Surga (Matius 28:18). Janagn kita menyembah pada allah lain, sebab allah-allah lain tidak punya kuasa menyelamatkan kita.
Amin.

Pdt. Steven Kumenit, STh.,M.Min.